CCTV di Ruang Sidang Pengadilan
admin | Wed, 03 Feb 2016
Rumah perlu dipasangi CCTV, supermarket perlu dipasangi CCTV, tempat usaha pun memerlukan CCTV, bahkan ruang sidang pengadilan juga perlu CCTV. Kita tahu bahwa di negara hukum, seseorang yang dinyatakan bersalah atas perbuatannya, pasti akan diadili, dan status orang tersebut menjadi terdakwa.

Di ruangan sidang ini hampir selalu dipenuhi orang, entah dari masyarakat, keluarga, petugas pengadilan, dan unsur TNI Polri. Ruangan yang sering kali dipenuhi oleh berbagai elemen masyarakat kini diperlukan CCTV pula. Dari pengalaman persidangan, akan ada orang yang senang dengan keputusan hakim, ada pula yang tidak senang dengan keputusan hakim, dan beberapa persidangan menurut catatan pernah berakhir dengan suasana yang tidak kondusif. Sehingga adalah hal wajar, jika di setiap persidangan ada pihak keamanan yang berjaga baik di dalam ruangan maupun luar ruangan.

CCTV yang ada di ruang sidang pengadilan ini akan merekam segala aktivitas yang terjadi selama persidangan tentunya. Hasilnya bisa dijadikan alat bukti yang suatu waktu dapat dipergunakan. Hasil rekaman tersebut jugs jadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja hukum di mata masyarakat.